hero-image-computer-engineering-it-telkom-surabaya-ac-id

General Information

About Computer
Engineering

Awal mula adanya teknik komputer sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia. Bermula pada tahun 1936 Claude Shannon pada tesisnya menggunakan aljabar Boolean untuk membuat prototipe dari rangkaian digital. Hal tersebut menjadi dasar industri telekomunikasi dan komputer. Berlanjut ke the Atansolf-Berry Computer(ABC) adalah komputer pertama dengan dasar binari pada tahun 1939.

Lalu pada tahun 1955 para insinyur IBM membuat disk drive pertama. Kemudian pada tahun 1968 inventor Douglas Engelbart mengajukan paten mouse komputer ke umum dan mendemonstrasikan di San Francisco. Hingga sistem operasi yang dikeluarkan Microsoft pertama kali pada tahun 1975 dan komputer Apple yang dibuat oleh Stave Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1977. Dan terus berkembang secara signifikan hingga sekarang.

Fields Studied

Bidang yang akan dipelajari di Prodi Teknik Komputer

Matematika dan Sains
Dasar (Basic Science &
Mathematics)

Breadth Teknik
Komputer (EE Breadth)

Core Teknik Komputer
(EE Core)

Depth Teknik Komputer
(EE Depth)

icon

History & Decree

Jurusan Teknik Komputer sudah ada sejak berdirinya Institut Teknologi Telkom Surabaya, berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no. 733 / KPT / I / 2018.

Program Studi S1 Teknik Komputer, ITTelkom Surabaya pada saat awal pendirian (tahun 2018) memiliki 5 dosen institusi, dengan jumlah dosen bergelar doktor sebanyak 1 orang. Saat ini semua dosen telah memiliki jabatan fungsional (Asisten Ahli dan Lektor) dan sebagian dosen sudah memiliki sertifikasi keahlian. Pada tahun 2018, jumlah mahasiswa aktif Program Studi S1 Teknik Industri sebanyak 10 orang. Pada tahun 2019, jumlah mahasiswa aktif sebanyak 41 orang dan pada tahun 2020 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 68 orang.

5

Lecturer

119

Student

TERAKREDITASI BAIK

Saat ini Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak IT Telkom Surabaya telah meraih status “Terakreditasi Baik” melalui SK BAN-PT Nomor : 5430/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IX/2020.

Learning Outcomes

Lulusan Program Studi Teknik Komputer akan memiliki
kemampuan berikut setelah mengikuti  program sarjana ini :

SikapPengetahuanKeterampilan Umum
  1.  Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  2. Mampu berontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara pancasila
  3. Mampu menunjukan internalisasi nilai , norma, dan etika akademik
  1. Menguasai dasar dalam bidang teknik komputer.
  2. Mampu menerapkan pengetahuana dalam komputasi yang diperlakukan untuk menganalisa dan merancanag divais atau sistem kompleks.
  1. Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada teknik komputer dengan melalu proses analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip rekayasa.
  3. Mampu menyesuaikan dan beradaptasi dengan berbagai macam piranti dan teknologi baru.

Kekhasan

Mengembangkan sistem Perangkat keras
(Hardware), perangkat lunak (Software), dan jaringan komputer (Network) berbasis sistem cerdas.

Graduate Information

Gelar dan Profil Lulusan Program Studi Teknik Komputer

Gelar Sarjana

setelah lulus dan menyelesaikan Program Studi Teknik Komputer, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjanah Komputer (S.Kom).

Profil Lulusan

Profil lulusan dari program studi Teknik Komputer diantaranya adalah tenaga ahli rekayasa, wirausahawan, peneliti dan akademik.