ITTelkom Surabaya Bantu Pemkot dengan Tiga Inovasi Alat

Oleh: Anik HasanahEditor: Bobby Yanuar  20 Nov 2020 15:58

KBRN, Surabaya : IT Telkom Surabaya kembali menyerahkan alat inovasi kepada Pemerintah Kota Surabaya. Kali ini, tiga alat canggih hasil inovasi para mahasiswa ITTelkom Surabaya. Rektor ITTelkom Surabaya Tri Arief Sardjono menyerahkan kepada Wali Kota Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya jalan Walikota Mustajab No. 59, Ketabang, Genteng, Surabaya.

Tiga alat canggih yang diserahkan adalah crane pemulasaran jenazah versi 3.0, masker portable dan ventilator command center yang sebelumnya dilakukan demo penggunaan terlebih dahulu oleh Mahasiswa ITTelkom Surabaya, Jumat (20/11/2020).

“Kali ini kita berangkat pada bagaimana caranya para medis yang berjuang membantu saudara kita melawan Covid-19 ini memiliki cara lebih praktis dalam melakukan pemulasaran jenazah untuk mengurangi kontak langsung. Juga bagaimana caranya agar para atlit kita atau siapapun itu yang suka berolahraga tetap bisa berolahraga dengan aman serta bagaimana caranya agar kita bisa tetap beraktivitas dengan aman di ruang ber-AC.” ujar Tri Arief.

Mengatasi permasalahan ini maka dibuatlah crane pemulasaran jenazah versi 3.0 yang hanya memerlukan waktu 38 detik untuk menurunkan peti jenazah ke liang lahat dengan dikendalikan oleh remote control. 

Sebelumnya di atas liang disusun beberapa besi terlebih dahulu sebagai rel crane. Kemudian crane berada tepat di bawah liang dan diturunkan dengan katrol dan tali yg dikendalikan oleh remote control. 

Di sisi lain crane pemulasaran jenazah ITTelkom Surabaya ini juga menjadi pemenang di ideathon 2020 yang diselenggarakan oleh Kemenristekbrin dan juga lolos program bakti inovasi 2020 dari Kemenristekbrin. 

Leave a Reply