Generasi Milenial dari Timur (GMT)

Kamis, 13 Agustus 2020 Institut Teknologi Telkom Surabaya mengadakan seminar online bertajub GMT atau Generasi Milenial dari Timur. Seminar online atau webinar kali ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Rektor 3 yakni Ir. Tri Agus Djoko Kuntcoro, M.T. serta narasumber Arliyanti Nurdin yakni dosen TI, kepala sekolah Telkom Makasar bapak Halim Samad, serta Adi W. Nadiri yakni GM Telkom Akses Papua.

“Kecenderungan dalam memilih kampus tujuan berdasarkan pada lokasi, biaya, akreditasi, UKM & organisasi. Untuk di SMK Telkom Makassar tahun ajaran 2018/2019 sendiri ada 34% yang memilih PTS di Pulau Jawa sementara 66% lainnya. 104 alumni SMK Telkom Makassar sedang berkuliah di PTS di Pulau Jawa dari data 307 alumni dimana alumni SMK Telkom Makassar cenderung memilih PTS di wilayah Pulau Jawa sebagai tujuan studi.” jelas Halim Samad.

Pertimbangan siswa luar Pulau Jawa memilih kampus di Pulau Jawa sebagai tujuan studi karena ada beberapa factor antara lain; Pulau Jawa menjadi pusat Pendidikan & mutu pendidikan untuk orang Indonesia, tawaran beasiswa besar dan beragam, biaya hidup terjangkau, fasilitas & transportasi umum yang banyak dan memudahkan, lalu Pulau Jawa mempunyai banyak wisata kelas dunia. Arliyanti Nurdin menjelaskan pentingnya kuliah untuk generasi milenial yakni membuka peluang lebih untuk sukses, pikiran lebih terbuka dan terstruktur, suasana akademik, mengasah softskillm pengembangan kompetensi, peluangn yang besar dengan status mahasiswa.

Tidak sampai disitu, para anak muda dari Indonesia bagian timur atau dari manapun yang memutuskan untuk merantau saat kuliah akan memiliki lebih banyak benefit dibanding lainnya antara lain: ada dunia luar yang lebih luas dan penuh peluang serta tantangan, mudah beradaptasi dan penuh toleransi, meningkatkan level kemandirian dan kedewasaan, networking, pengalaman, kemampuan lebih dalam mengelola keuangan, pandai bersyukur, dan lebih mengerti arti keluarga.

 Di sisi lain, dewasa ini pergerasakan revolusi industry dari 1.0 hingga era sekarang 4.0 dimana semua berbasis pada kemajuan teknologi yang membuat satu sama lain saling terhubung. Perubahan yang cepat ini menciptakan smart industry, smart people, smart network, smart application. Menyambut tantangan industry 4.0, ITTelkom Surabaya sendiri menyediakan berbagai program studi antara lain teknik industri, teknik informasi, teknik elektro, teknik computer, teknik telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, dan sistem informasi dimana skill tersebut banyak dibutuhkan dalam industry 4.0.

Leave a Reply