Kuliah Tamu Prodi Teknik Komputer: Legged-robot Locomotion, Current Trend, Prospect and Relationships with Interdisciplinary Fields

Program Studi Teknik Komputer mengadakan kuliah tamu yang dibawakan oleh Azhar Aulia Saputra dengan topik “Legged-robot Locomotion, Current Trend, Prospect and Relationships with Interdisciplinary Fields.” yang saat ini tengah melakukan studi S3 di Jepang.

“Robot pertama kali berkembang pesat pada jaman industry untuk meningkatkan efisiensi dari produksi pabrik. Sehingga sampai sekarang kita melihat banyak jenis-jenis robot ada rescue robot, social robot, medical robot, military robot, entertainment robotm dan industrial robot.” jelas Azhar.

Dari semua robot tersebut dapat direpresentasikan oleh legged robot atau robot berkaki yang memiliki banyak fungsi. Locomotion sendiri memiliki banyak macam dimana locomotion generator dalam model humanoid robot membutuhkan trajectory based locomotion, limit cycle, dan passive walking. Untuk membuat sebauh gerak dari robot maka perlu mengintegrasikan semuanya mulai dari cognition, embodiment structure dan locomotion generator yang harus dikorelasikan untuk membangun metodelogi yang solid dalam model neurobiological locomotion, selain itu juga harus diintegrasikan secara solid pada persepsi dan Tindakan robot untuk mengembangkan dasar kognisi locomotion.

“Alat gerak kita sebenarnya digerakkan oleh Neuron di tulang belakang, pada robot ini kita modelkan robot pada 4 joint, dimana setiap joint ada 2 alat gerak yang terhubung dengan neuron flrxor dan extensor. Selain itu juga ada sensor yang juga diintegrasikan dengan neuron” jelas Azhar.

Disisi lain, robot tidak bisa dijauhkan dari perhitungan matematika bahkan machine learning pun juga, jadi apabila perhitungan matematika salah maka geraknya juga bisa salah. Sehingga matematika adalah dasar dari robotik itu sendiri.

Leave a Reply