Mengenal Lebih Dekat Voice Command Smartphone bersama Prodi Teknik Komputer ITTelkom Surabaya

Program Studi Teknik Komputer ITTelkom Surabaya kembali mengadakan Seminar Ilmiah Populer (SIP) Part 2. Kali ini tema yang dibahas menganai Voice Command Smartpohone berbasis Internet of Things. Seminar tersebut diisi oleh Billy Montalalu sekaligus beliau merupakan Dosen Teknik Komputer Institut Teknologi Telkom Surabaya. diadakan pada Tanggal 21 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom, peserta yang mengikuti seminar tersebut sebanyak 500 orang. Tidak hanya narasumber yang hadir untuk mengisi acara saja, namun Wakil Rektor 3 Tri Agus Djoko Kuntcoro juga hadir sekaligus memberikan sambutan sebagai pembuka acara seminar.

Membahas mengenai Voice Command Smartphone berbasis Internet of Things merupakan pengendalian sesuatu dengan menggunakan suara pada smartphone yang sudah di atur sebelumnya.  Sebagian besar smartphone punya fasilitas perintah program dengan suara (voice command). Tapi ternyata, fitur ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal.

Kalau mau, Anda juga bisa melakukan perintah suara seenaknya seperti Yuri. Tidak perlu membeli Bentley, cukup praktikkan dengan ponsel Anda. Karena hampir setiap smartphone memiliki fitur voice command, seperti Bentley. Ya, sebagian orang memang belum banyak tahu tentang voice command. Ini adalah fitur di mana kita bisa memerintahkan sebuah ponsel untuk ‘mengerjakan’ sesuatu melalui p erintah suara.

Tidak perlu mengoperasikan tombol navigasi, atau pun menyentuh layar touchscreen dengan stylus. Hanya butuh suara Anda. Fitur voice command juga tidak hanya marak dijejalkan dalam ponsel. Vendor-vendor pembuat komputer ramai-ramai memaksimalkan fitur ini. Apple dan Acer adalah vendor besar yang mengaplikasikan fitur voice command untuk memberi perintah pada beberapa jenis laptop.

Namun, apakah kita pernah memaksimalkan fitur tersebut? Alih-alih menggunakannya, kebanyakan dari kita bahkan tidak tahu bahwa di dalam sebuah ponsel yang kita gunakan sehari-hari ternyata memiliki fitur voice command. Jika ada sebagian yang tahu, mungkin melakukan panggilan ke nomor tertentu dengan menyebutkan nama sudah pernah dilakukan. Ini adalah fitur voice dial.

Sebenarnya selain melakukan panggilan, voice command juga dapat digunakan untuk menjawab atau menolak panggilan, mengubah profil, atau menjalankan aplikasi. Para vendor pun sebenarnya tahu bahwa penggunaan voice command masih minim. Ketidaktahuan masyarakat dan masih tergantungnya pengguna ponsel dengan keyboard dan keypad, membuat fitur voice command kurang populer. Dengan demikian, adanya Seminar Ilmiah Populer yang diadakan prodi Teknik Komputer ini diharapkan bisa memberikan feedback bagi para peserta dan memperkenalkan teknologi yang saat ini sedang berkembang di dunia nyata.

Leave a Reply